Wednesday, September 23, 2015

Trimester Pertama : Desember-Maret

Hari hariku dipenuhi dengan pengalaman baru karena sedikit demi sedikit mulai terasa ada perubahan dalam tubuhku..tapi emang belum significant sich… Seperti pada umumnya wanita hamil muda, kebanyakan mereka mengalami yang namanya morning sickless, tapi aku sungguh sangat bersyukur karena sampai masuk bulan ke-3, morning sick-ku masih bisa aku kendalikan.
Ada hal yang sempat bikin aku khawatir di awal awal kehamilan, ketika masih memasuki usia pertengan bulan pertama, sepulang kerja sabtu siang mendadak ada fleck pink/ merah muda di celana dalamku, deg deg serrr takut sesuatu terjadi lagi, makan siang pun jadi ngga nafsu. Sempet sms dr.Cici pingin ceck up, tapi disuruh senin sore karena buka prakteknya baru hari itu, sementara suruh istirahat dulu aja.Udah parno aja tuch… Alhamdulliah sampai malam fleck ngga nambah hingga hari hari berikutnya, namun sejak itu aku jadi protect sama diriku sendiri dan ngga mau mbonceng motor gede, al hasil..kemana mana, my Koko Bear harus rela bawa spacy tiap antar jemput aku.
Pengalaman yang tentu saja ngga biasa adalah munculnya rasa mual dipagi hari, tapi kasih standar normal, cuman pingin mutah sama neg aja tiap pagi, tapi ngga sampai mutah mutah juga, itupun kalau perut kenyang, udah ngga ngrasa mual, lebih-lebih kalau udah sampai kantor, sibuk kerjaan dan ngobrol bareng temen, mual pun hilang seketika. Trus kalau ditanya ngidam?? Sampai akhir bulan ke-3, aku rasa aku ngga ngidamm pingin makan atau beli sesuatu yang wajib dan harus dapat di waktu dan detik itu juga.. jadi aman, suami juga ngga kerepotan. Bagaimana dengan pusing yang sering jadi langganan ibu hamil?? Bukan pusing sich sebenernya yang aku takutkan datang, tapi miss migraine yang sering banget datang waktu aku belum hamil (dulu mah seminggu bisa 2 kali kena migraine, dan kalau ngga diobati pake mex amex, ngga bakal hilang tuch migrant). Syukur Alhamdullah, dan sungguh ajib ajaib, karena selama 3 bulan pertama, aku ngga ngrasain namanya migraine, pusing pun juga kagak… telerrr???ngga juga, pokoknya yang aku rasain berat tuch cuman kalau terlanjur kelaparan dipagi hari dan keburu BAB sebelum perut keisi sama makanan, al hasil…. Pagi buta abis subuhan, aku pasti udah ngemil sama minum susu bumil.
Oiya, sebelum priksa bulan ke dua, perutku yang kanan bawah tuch sempet nyeri banget, kayak ada yang ganjel gitu..takut aja kalau muncul kista atao parno setelah browsing-browsing, kok ada tuch namanya hamil BO, alias kosong g ada janinnya, itu juga bikin perut nyeri (secara pas usg di Yarsis kan baru keliatan biji kecilnya doing, janinnya belum nongol). Periksa bulan berikutnya aku putuskan untuk memilih tempat yang lebih terjangkau saja, alias di Boyolali.. tepatnya di RS Umi Barokah. Pas juga disitu ada dokter specialis kebidanan plus Fetomaternal, namanya dr. Adrianes. Wah sayang banget pas periksa pertama, dr Adri lagi cuti sakit, al hasil ketemu sama dr Feri, ngga apa lah, penting bisa liat perkembangan adek aja. Nah periksa bulan kedua (Sekitar tanggal 15 Februari 2015) kantong janin udah kelihatan dan embrio calon janin juga udah ada.
Rada ngerti sich kalau liat penampilan diatas, yang bulet lonjong kayak paramecium itu kantong janinnya alias ari ari, kalau yang ditarik garis, ada ket CRL itu sih katanya calon janin nya.
Allhamdulillah banget, udah ada calon dedek didalam rahimku. Kondisi kandungan OK dan sehat, so aku cuman dikasih supleman sama vitamin aj.. eh, tambah supleman apa gitu, coz aku pas priksa agak kena flu. Lhadalah… suplemen nya kalau tiap aku minum malah bikin perut mules dan diare, yech…baru 2 kali minum, udah ngga berani minum lagi.
Masuk bulan berikutnya, di awal Maret, ketemu lagi dech sama adek lewat alat USG. Sebelum priksa, sengaja aku daftar dulu biar dapat antrinya agak awal, ngga kemaleman seperti awal priksa (Sampai jam 23.00). Nah, pas daftar..sempet diinfo kalau dr.Adri belum buka praktek, masih ada seminar di Manado, yach… ngga ketemu lagi sama dr.cakep,,,wkwkwk !!!! eit,, pas mau berangkat priksa, aku ditelpon sama pihak RSUB, kalau jadi priksa suruh buruan dating, dr.nya keburu capek soalnya. Hmm, wuzz dech langsung ke TKP, weeeeee…..jebulnya yang praktek udah dr. Adri… ketemu lah sama ahli Fetomaternal, yang ternyata adalah suatu ilmu dalam bidang kedokteran, yang merupakan cabang ilmu kandungan, dimana sang dokter punya keahlian mendeteksi kelainan kelainan yang ada didalam kandungan selama masa kehamilan, tentunya dibantu dengan alat USG.
Sekitar pukul 20.00 namaku dipanggil dan masukklah kami, seperti biasa, tradisi USG pun dimulai, deg deg serrr,,liat perkembangan adek yang kata dokter sehat, detak jantungnya juga diperdengarkan….
Yang ditengah kayak ada bundaran besar trus bundaran kecil putih didalamnya, nah itu ari ari sama janin gue. Trus yang dibawah kayak gelombang seismograf itu adalah detak jantung si adek...
Mak nyessssss rasanya…puji syukur atas Rahmat Allah YME… Subhanallah. Selain diperlihatkan hasil USG 2 dimensi yang kagak ngerti itu gambar apaan, karena cuman bullet bullet sama hitam putih doank, eh.. kalau sama dr Adri ini dikasih bonus USG 4D, dan kelihatan banget bentuk dedek yang mulai dari kepala-tangan-kaki, udah kebentuk janin..tapi masih imut dan mungil..
Tuch...keliatan ngga penampilan calon dedekku, udah keliatan bentuk kepala, tangan, perut sama kaki. Unyuk unyuk bangetttt.... udah ngga sabar pingin timang timang
Indahhh bangetttt dech,,, ini bener bener hadiah di Ultahku yang ke 29 tahun. Untuk USG 4D ini lumayan miring, cuman Rp. 70-80.000,-. Itupun udah plus print outnya.
Memasuki bulan ke 3 ini, banyak saudara sama temen yang menyarankan untuk melakukan syukuran 3 bulanan, sekedar bancaan kecil kecilan aja, sebagai wujud rasa syukur dan pengharapan yang baik untuk calon anaknya kelak, karena denger denger, masuk usia 3 bulan ini, Allah mulai menuliskan takdir, rizki, rejeki, jodoh juga mungkin kepada si calon anak. Semoga aja dengan sykuran kelak dapat mewujudkan rrizki dan rejeki yang lancer untuk adek kelak. Aamiin !!!

No comments:

Post a Comment