Monday, September 28, 2015

Trimester Kedua : April-Juni



Perjalanan panjang menjadi calon ibu masih cukup panjang, masih harus bersabar untuk melihat wajah sang buah hati. Jarak tempuhku untuk menuju masa itu masih separuh lebih, dan perjuangan apa yang harus aku hapadi di trimester kedua ini, berikut sedikit ceritaku dikala itu.
Tepat dibulan Maret, kantor tempat aku bekerja yang notabene adalah dealer resmi PT Indosat Tbk, yaitu PT. Nusapro Telemedia Persada dinyatakan kalah racing alias kalah penilaian dari dealer lawan, so….mau ngga mau dealer dimana aku sudah bekerja disini hampir 5 tahun sudah tidak punya hak untuk beroprasi di area Solo dan Sekitarnya. Masih ada yang bingung kenapa bisa begitu??? Sedikit aku jelaskan nich, sekalian buat cerita… Indosat, itu hampir sama kayak perusahaan kendaraan bermotor, sebut saja PT Honda, PT Honda hanya melakukan proses produksi sedangkan untuk ditribusi, mereka mempercayakan pada dealer-dealer yang telah mereka pilih, so…di Indonesia ini ada banyak nama perusahan dealer Honda yang berbeda-beda. Begitu juga dengan Indosat, ia punya dealer yang tugasnya mendistribusikan produk mereka, dan salah satu dealer nasional di Indonesia adalah PT. Nusapro, sayangnya….pada tahun ini perusahan dimana aku bekerja ini harus melepas area Solo Raya dan berpindah ke area lain sesuai dengan yang ditunjuk oleh Indosat, dan Nusapro kali ini mendapat area di Pati-Grobogan dan sekitarnya (Untuk Jawa Tengah), sedangkan area Solo Raya (Boyolali-Solo-Sukokarjo) di tempati dealer lain yaitu PT. Anugrah Prestasi Nusantara, yang sebelumnya menempati area Klaten saja.
Ada sebuah kegalauan dari beberapa rekan kerja mengenai nasib kami kedepannya ketika PT Nusapro sudah tak lagi menaungi kami, tapi syukurlah, karena hal ini kebijakan dari Indosat, maka PT Anugrah Prestasi membuka pintu untuk seluruh karyawan yang berniat dan bersedia gabung disini. Aku yang sebelum bekerja di PT Nusapro sempat bekerja di PT. STMJ (juga dealer Indosat), maka niat banget aku pingin gabung di PN (Sebutan untuk Prestasi Nusantara), harapannya sich selain buat nyambung kerjaan karena nyari kerjaan baru terlebih dalam kondisi hamil itu ngga bakal mudah, aku tuch jadi kepingin banget koleksi Surat Pengalaman Kerja yang semuanya dealer Indosat.. heheee, yep… Alhasil, April 2015 aku sudah tercatat sebagai karyawan di PN. (Hmmmmm….hangus dech kesempatan cuti hail 3 bulan..hehe).
Nah, memasuki usia kehamilan 4-5 bulan, aku habiskan untuk bekerja di perusahan baru. Kalau untuk urusan teman/ ekan kerja, banyak orang lama atau teman lama yang masih gabung lagi, jadi penyesuaian masih mudah, cuman…..aku benar-benar harus memahami dan memperlajari system baru yang benar-benar baru, dann jauh dari apa yang aku bayangkan… seminggu dua minggu, aku masih merasakan penyesuain diri, tapai lha kok lama lama aku merasa jengah dan bosan… kurang nyaman saja rasanya dengan system kerja yang terlalu ******, nyaris setiap hari aku pulang sehabis maghrib, itupun aku pamit pulang duluan (Padahal jam kerja tetep 08.00-17.00) karena udah ngga kebayang gimana rasanya hamil dan mesti pulang larut malam tiap hari. Entah rasa ngga nyaman itu karena badanku emang udah ngga bisa diajak kerjasama atau emang karena ngga cocok dengan system kerjanya. Makin lama kok makin capek juga sich, trus dengan penghasilan yang kurang memuaskan, al hasil..awal Mei aku mengajukan pengunduran diri per petengahan Mei, awalnya banyak pihak termasuk atasan yang menghalangi, tapi aku lebih peduli sama janin yang aku kandung, penantianku hamir 3 tahun, toh buat apa aku capek-capek pulang malam tiap hari kalau malah bikin kondisiku ngga sehat. Akhirnya, pertengahan Mei aku resmi menyandang predikat “Pengangguran” (Bangga banget yach…heheh)
Itu lah secuil cerita tentang pekerjaa…hehee, secuil kok panjang banget sich.. Anyway lah…. Sekarang lanjut cerita soal dedek…hehee, memasuki usia 4-5 bulan, ada sedikit gerakan yang mulai aku rasakan, awalnya sich beneran ngga ngrasin apa-apa…sampai agak parno juga kenapa kok udah 4 bulan belum ngrasa, searcing ke mbah google, nanya teman kanan kiri… sampai suatu hari aku ngrasain ada gerakan seperti menggelitik dan melayang laying disekitar pusar…serrrrr serrrr serrrr, tapi aku cuman rasain sekitar 3 harian aja… trus ada lagi rasa nyeri kayak ketarik tarik antara pusar dan perut bawah…sempet Tanya ke perawat waktu control, ya katanya itu gerakan dedeknya, besuk kalau udah mulai besar ya bakal lebih terasa, bisa nyikut kanan nendang kiri, bisa lebih sakit lagi rasanya. Wow,,,sesakit apa sih? Udah ngga sabar ngrasainnya. Pas memasuki usia 4-5 bulan, rasa mual udah mulai hilang, tapi masih sensitive sama bau sesuatu terutama Sabun mandi Biore yang biasanya seger, trus  handbody merek apa aku sampe lupa, sama pelembab muka (So, pas hamil aku jarang banget yang namanya dandan sama selfie mikirku sich nich calon baby bakalnnya cowok). Selain rasa mual yang hilang, nafsu makan sudah mulai meningkat lagi, dikit dikit udah lapar terlebih pagi hari setelah jam 9, bawaanya pingin ngemil, makannya pas di kantor tuch ada bapak-bapak yang jualan jajan pasar, pagi udah pasti 6-10 rb melayang buat jajan, belum ntar siang masih butuh makan (Bawaane juga udah males bawa maem dari rumah), nah lho,,, bener-bener pemborosan banget kan.
Waktunya periksa lagi di uk 4-5 bulan, kondisi janin sehat, berat udah sekitar setengah kiloan, trus jenis kelaminnya juga udah keliatan. Suami awalnya ngga pingin tau, eh tapi pak dokternya ngga pake tedeng aling aling, udah langsung bilang aja “Bayinya cewek yach??? Udah sahhh ini cewek”. Sumpeh yakin banget tuch pak dokternya...hehe, jadi kagak suprice deh, tapi ngga papa sich, aku dari dulu pingin banget punya baby boy yang gemukk lucu itu, lagian cicitnya simbah cewek semua, tapi ngga tau kenapa pas tau si dedek cewek, aku kok jadi berubah seneng sama anak cewek, kayakya bakal lucu kalau besuk gede aku buatin baju sendiri...hehhehe. Trus saat di USG 4D, muka nya dede juga udah mulai keliatan, walau pas di capture dianya gerak-gerak, jadi belepotan...
Frekuensi detak jantung sudah mulai stabil  
Bentuk mukanya udah mulai keliatan walau masih belum jelas
Perjalanan pun berlanjut, 5-6 bulan tidak banyak perbedaan, cumin aku mulai berasa pegel pegel di pinggang, terlebih kalau malam  tidur, aduuuhh sumpeh dechh posisi gimana aja ngga enak, blingsetan kanan kiri kagak bias tidur tidur, mana suami tidurnya nyenyak banget, jadi g tega mau bangunin, trus masa masa ini aku juga sering kebangun tengah malam karena laper, so...kadang terpaksa bangun cuman sekedar buat minum susu bumil, lanjut tidur lagi (Tapi berat badanku masih normal-normal aja, standard sich kenaiknya paling di kisaran 49 kg). Pas priksa kondisi dedek juga masih nyungsang alias kepala masih diatas, tapi emang masi wajar, cumin disarankan aja sama dokter buat rajin rajin nungging, biar posisinya mbalik, diajarin juga tuch cara nunggingnya, yaitu sama kayak sujud, cumin pipinya ditempelin di lantai/matras, trus dada juga nyentuh lantai/ matras, gitu dihitung sampai 15x, bangun trus 15x lagi.
Hasil usg 4D memasuki UK 7 bulan, ihh udah makin jelas aja bentuk mukanya, tapi badannya masih kurusan.                  (Liat muka dedek diatas, aku jadi ke inget sama alm. papi, tuch kening mirip banget sama papi, ternyata mami sama bulek juga punya pendapat yang sama)
Masuk bulan ke 6-7, pas bertepatan juga sama bulan puasa, awalnya ragu sich mau puasa ngga, takut dedeknya kekurangan nutrisi, ehhh....belum sempet masuk bulan puasa, sekitar seminggu sebelumnya, mendadak asam lambungku naik, ngga tau ini efek kecapekan karena 2 hari rewang tempat budhe atau karena sempet makan tengkleng ayam yang pedesnya lumayan hot, jadinya pas hari H acara supitan tempat bude, aku justru terkapar di tempat tidur karena paginya perut udah ngga tahan perihnya. Karena takut ganggu kehamilan, aku priksa ke bidan terdekat, dikasih sirup obat mag yang cuman aku minum sampai 3 hari doank. Seharian itu aku bener-bener ngga nafsu makan, perut rasanya nolak semua makanan, ngga muntah sich tapi rasanya pingin buang gas alias kentut terus.. tapi ngga bisa. Menjelang sore, pinggang sampai pinggul rasanya pegel dan mau copot, terlebih pinggul sama perut bawah bagian kanan, nyeri sama njaremmm banget. 2 hari berlalu lambung emang udah ngga nyeri, tapi tulang tulang rusuk rasanya njarem semua, buat sujud aja sakitnya minta ampun. Pas puasa dapat dua hari, sempet tuch muncul keputihan lendirnya banyak banget, warnanya kuning kental (ini udah sering muncul sejak aku minum obat mag), tapi paling parah pas ini, langsung dech bawa ke RSUB, pagi-pagi ketemunya sama dokter Haris, dokter senior, beliau bilang wajar and ngga apa-apa selama lenirnya ngga hijau, terus kalau mau puasa juga ngga papa, asal tetep makan sahur sama asupan nutrisi tercukupi..kabar baiknya juga, posisi janin udah bener, kepalnya udah dibawah...sayangnya kalau dokter Haris ini ngga pake usg 4D, jadi dedeknya ngga keliatan.
Waktu usg cekup, kagak ngerti juga tuch gambar apaan, yang jelas kepala katanya udah di bawah
Wah, bulan depan udah masuk uk 7-8 bulan, udah mau nujuhbulanan juga..hehe, ngga sabarrr banget, apalagi pas uk 6 bulan gerakan dedek udah mulai lebih terasa, walau emang belum sering sich. Gerakannya masih cenderung gerakan goyang goyang gitu, terlebih kalau abis makan.. malah kadang tuch gerak-gerak diperut bawah, getarannya nyaris sampai ke vagina, nah kalau udah kayak gitu aku mesti duduk/ rebahan, karena kadang terasa nyeri juga.  Next time udah masuk cerita di trimester ke tiga... 3 bulan lagi menuju louncing...

No comments:

Post a Comment