Sunday, October 11, 2015

Trimester Ke-Tiga : Juni-September



Memasuki usia kehamilan tujuh bulan itu ternyata tidak mudah mudah gampang, separuh lebih perjalanan kehamilan ternyata sudah aku lewati. Dari awal hamil yang merasa ada perubahan psikis, fisiologis, emosi serta kebiasaan hidup, masuk usia tujuh bulan semua itu seperti sudah nyaris terlupakan. Kini tingal menanti datangnya sang buah hati yang ternyata tinggal 2,5-3 bulan lagi. Tujuh bulan perutku masih terbilang datar dan belum terlalu besar, kayaknya sich malah belum keliatan hamil 7 bulan, tapi adek di dalam kandungan beratnya udah sekitar 1,6 kg lho… di usg juga udah keliatan banget mukanya mirip siapa..heheee
Mukanya ngga jauh beda lho dengan pas lahir
Di usia pertengahan antara 7 bulan dan menjelang 8 bulan, karena ini anak pertama jadi kami pun menyelenggarakan acara nujuhbulanan dengan adat jawa, meskipun ngga belibet belibet amat dan nga perlu pake upacara sacral sakralan, tapi ternyata bikin rempong juga. Gimana tidak, acara yang berbau adat dan tradisi ini sangat kental dengan syarat-syarat yang kebanyakan anak muda zaman sekarang ngga bakal paham, cuman sekedar bikin nasi sama perlengkapan kenduren aja, sayur sama berbagai macam jajanan harus tujuh macam dan hmmmmm…aku ngga bisa jelasin satu persatu, yang jelas dari acara kenduren yang diselenggaraan habis berbuka puasa (karena pas bulan Ramadan) trus acara siraman (Aku sama koko nich di siram pake air bunga) trus didoain dulu sama ahli –nya, yang punya hak guyur air siramannya itu antara lain orang tua, mertua, simbah, sama sesepuh lainnya..Sumpah dinginnya minta ampun, sekali guyur, dedek di kandungan langsung goyang goyang kedinginan kalii ya…lha mana yang mandiin pas isya lagi, pake air dingin juga…ckckckc…. Aku sempet ngomel juga nich, kalau abis ini malah masuk angin, bisa berabe… Habis upacara guyur mengguyur, akunya trus di “dandani” dengan berbagai jarik lurik, berjumlah tujuh yang udah pasti bisa ditebak yang dibilang cocok yach jarik yang paling akhir… haduhhh, kalau nggga nginget ngikutin budaya dan melestarikan tradisi, aku sich sungguh ogah dimandiin malam malam gitu, dan endingnya…dua hari pasca tujuhbulan, tiap pagi bagian ulu hatiku rasanya nyeseg and mual, padahal kan pas puasa tuch,,, alhasil puasaku terpaksa bolong satu hari. Itu sich sedikit cerita pas nujuh bulan (padahal temenku nujuhbulan siramannya pake air anget lho,,,,)
Ini kebiasaan sejak dalam kandungan dan berlanjut sampai lahir
Masuk usia 8 bulan, perut udah lumayan buncit…malah kayaknya sich buncit banget, puasa bulan romadan alhamdullah lancer walau bolong satu hari.. kondisi tubuh juga fits, malah ngga pernah ngrasa pegel pinggang atau pinggul, cuman kalau habis duduk trus mau berdiri, persendian di dengkul sama paha tuch rasanya kaku abiss. Ketidaknyamanan lainnya yang pasti bakal dirasakan bumil yang hamil tua adalah susah tidur dan terbangun di tengah malam, yap, aku pun juga mengalami, tiap malam, dedek udah selalu aktf gerak, nendang sana sini kadang nyerinya ngga ketulungan, trus belum ditambah kalau gerah, masyaallha nikmatnya… mesti kudu di nikmati dan disyukuri dech… pasca lebaran h+5, waktunya buat priksa lagi, ketemu dech sama dedek.. alhamdullah kondisi sehat, sempet khawatir juga karena kemarin kan puasa, takut aja nutrinya ngga mencukupi buat adek, ehhh ternyata…berat janinku melonjak drastic, dari 1,6 jadi 2,5 kg. Kata dokter sich masih berat normal, tapi disuruh diet gula dulu daripada ntr kegendutan di dalam, ngedennya harus pake tenaga dalam. Agak shock aja sich, beranya bisa naik 900 gram lho, hmmm, ini keyakanya beneran karena pola makan yang keseringan es dan manis manis sewaktu buka puasa….. akhirnyaaaa jalan bulan berikutnya aku harus jaga pola makan, udah ngga coba coba minum yang manis-manis, jauhin segala makanan yang berkadar gula tingga… yeachhhh, periksa berikutnya berat janin naik nya ngga terlalu heboh, masuk usia 35 week, beratnya 2,7 kg, priksa lagi sekitar 20 hari kemudian.
Giliran deket waktu louncing, malah ditutupi mukanya...biki penasaran aja to dek
Deg deg serr mulai dech terasa, hpl makin deket aja, udah ngga sabar juga pingin banget ngekuarin dedek dari perut, gimana tidak, buat gerak sama aktivitas udah susahnya minta ampun, tubuh udah gerah dan jengah kanan kiri, duh dek..rasanya berat banget buat jalan. Kalau oaring jaya bilang “mbuyuk mbuyuk” padahal masih sekitar 2 minggu lagi dari HPL, hmmmmm…sabar in sabarrrrrrrrrr
Periksa berikutnya, uk udah dimungkinkan siap lahir beberapa hari kedepan, berat janin kok masih di angka 2,7 kg, padahal udah 2 minggu, agak curiga juga kok naiknya ngga significant, mana kakiku udah beberapa minggu kalau siang-malam keliatan bengkak banget di bagian punggungnya…haduw, jadi takut kalau ada gejala aneh aneh, tapi pak dokter bilangnya aman, kepala bayi udah diposisi yang bener, so…persiapkan fisik sama mental aja buat lahiran.
USG terakhir dengan berat janin 2,7 kg. Ngga tau kenapa ga pake USG 4D
Memasuki bulan September, udah mulai deket aja nich, tapi masih 13an hari lagi adek bakal louncing (tapi feeling kok bakalan maju dari HPL), Temen deket tanggal 1 udah lahiran, wah makin pingin juga nich segera mengeluarkan si pahlawan kecil dari dalam rahim. Pas tanggal 1 pagi-nya itu sebenarnya aku sudah mulai merasakan ada tanda tanda bakal lahir, udah muncul fleck merah muda tapi perut berut ngrasa kontraksi atau apalah…cuman kok makin deres aja flecknya….. what hapend nich????

To be continued !!!

No comments:

Post a Comment