Saturday, July 13, 2013

Princess Sepanjang Masa





Setelah kemarin habis mengulas dan bernostalgia dengan kartun ala jepang, aku kembali inget kalau dari dahulu kala pingin banget ngumpulin princess princess dari negeri dongeng dalam satu wadah perkumpulan…hahaaa. Udah bukan rahasia lagi dunk kalau namanya anak cewek pasti suka banget sama dongeng rakyat, legenda princess dan pangeran, dan zaman aku masih kecil, cerita cerita seperti Cinderella dan Sepatu kaca itu adalah cerita yang sangat familiar dan ceritanya sudah pasti diluar kepala, namun ternyata seirang perkembangan teknologi, dan makin banyaknya film animasi dibuat dan ditayangkan di televisi, ternyata kisah kisah dongeng itu tidak hanya melulu tentang Cinderella. Dari pada mikir lama lama, mending kita telisik yuk para Princess Sepanjang Masa dan Sejuta Umat baik karakter serta kisah singkat kehidupan mereka yang siapa tahu bisa jadi inspirasi mencari jodoh,,,, (upsss…aku kan dah ketemu sama pangeran beruang ku yang unnyukkk unyukkkk !!! hhaaaa).

1. SNOW WHITE a.k.a PUTRI PUTIH SALJU (PUTRI SALJU)
Merupakan karakter putri yang pertama dari Disney dalam film Snow White yang difilmkan pertama kali pada tahun 1937, ceritanya didasarkan pada legenda fiktif yang berasal dari Jerman, usianya berkisar 14 tahun, memilki rambut pendek sebahu berwarna hitam dan warna mata coklat. Karakter Putri putih Salju diantara naif, menyenangkan, manis, ulet, lembut, optimis, ceria, lugu, pemalu. Dalam cerita disebutkan ia dilahirnkan pada 6 Maret. Putri Putih Salju merupakan putri yang putih bersih serta cantik, karena Sang Ratu merasa tersaingi oleh kecantikan sang Putri Putih Salju, maka ia memerintahkan seorang pengawal untuk membawa Putri Putih Salju ke hutan dan membunuhnya, karena si pengawal tidak tega, ia lalu mengambil jantung/paru paru binatang dan membawanya ke Ratu serta diakui sebagai jantung si Putri Putih Salju. Sedangkan di hutan Putri Putih Salju masih hidup dan ia tersesat lalu menemukan rumah milik 7 kurcaci. Akhirnya Putri Putih Salju tinggal bersama 7 kurcaci itu. Lalu Ratu akhirnya tahu Putri Putih Salju masih hidup, kemudian ia mencoba berbagai cara untuk membunuh sensiri si Putri Putih Salju, namun selalu digagalkan 7 kurcaci, sampai akhirnya Apel Racun berhasil membuat si putri Salju tewas. Ratu sangat senang dan 7 kurcaci sangat sedih melihat Putri Putih Salju meninggal. 
Mereka lalu menaruh Putri Putih Salju dalam peti kaca agar wajahnya yang masih segar tetap terlihat. Suatu saat ada pangeran yang jatuh hati, lalu memohon agar diizinkan membawa putri dan petinya itu.7 kurcaci pun akhirnya memberikannya. Sejak saat itu kemanpun pangeran pergi, pengawalnya selalu membawa peti itu sampai suatu ketika sang pengawal marah karena kemanpun harus membawa mayat lali ia membuka peti itu lalu menegakkan tubuh si putri dan memukul pinggangnya sehingga keluarlah potongan apel yang pernah dimakan Putri, akhirnya si putri pun hidup kembali dan menikah dengan pangeran. Sedangkan untuk versi yang lebih familiar, ketika pangeran bertemu dengan si putri, ia mencium bibir lembut Putri Putih Salju, lalu si putri pun hidup kembali dan mereka hidup bersama. Pada sebuah versi diceritakan kalau Ratu jahat jatuh ke jurang namun di versi lain di ceritakan setelah pangeran tahu Putri Putih Salju terusir dari istananya, maka mereka menyerang ratu dan menghukum si Ratu dengan memakaikannya sepatu dari besi dan setiap putri datang Ratu harus menari sampai suatu ketika Ratu menari sampai tewas.Pasangan Snow White dalam cerita umunya ditulis The Prince atau ada juga yang menyebut Pangeran Florian.

2. CINDERELLA
Princes paling kondang seantero dunia mungkin yach si Cinderella ini, Kisahnya pun sering kali diadaptasi kedalam cerita cerita cerita modern. Didaulat sebagai putri Disney ke dua, ia diperkirakan berumur sekitar 19 tahun lahir pada tanggal 6 September, animasinya kali pertama muncul pada tahun 1950.Karakternya didasasarkan pada bersi Perancis oleh Charles Perrault. Karakternya baik, pintar, cerdas, penuh harapan, berkemauan keras, tergantung, tenang, positif, sabar, berakal, pekerja keras. Ia memilki rambut pirang agak panjang dan mata berwarna biru tubuny Ramping, cantik, kulit putih, pipi kemerahan, bibir merah muda, rambut pirang stroberi, mata biru, kaki kecil. Cinderella merupakan princess pertama Disney yang diceritakan punya saudara meskpun bukan saudara kandung. Cinderella awalnya hanya orang kaya biasa, namun setelah orang tuanya meninggal dan ia hidup bersama ibu dan 2 saudara tirinya, Cinderella akhirnya dijadikan pembantu dirumahnya sendiri. Ibu dan Saudara tirinya memanggil ia Cinderella yang artinya gadis kotor penuh debu, ia pun tinggal di kamar yang sangat sempit dan kotor. Suatu ketika ada undangan pesta dari Kerajaan, Cinderella tidak diizinkan ikut, namun kemudian datang seorang peri yang menolongnya dan memberikan kereta dari buah labu. Cinderella pun datang ke pesta itu menarik perhatian sang pangeran lalu mereka berdansa. Cinderella pun teringat pesan Peri kalau ia harus kembali sebelum jam 12 malam karena semua sihirnya akan lenyap, Cinderella pun kabur setelah mendengar jam berdentang 12 kali, ia berlari dan salah satu sepatu kacanya tertinggal. Setelah keluar dari istana, pakaian dan kereta yang semua hasil sihiran Ibu Peri berubah kewujud asli.Namun Cinderella senang karena bisa bertemu dengan pangeran.Sehari kemudian Pangeran mengumumkan kesemua rakyatnya mencari wanita pemilik sepatu kaca itu, semua wanita di negerinya diwajibkan mencoba sepatu itu.Saudara tiri Cinderella saling berebut ketika rombongan kerajaan datang ke rumahnya. 
Tentu saja sepatu itu tidak cukup untuk mereka, sampai kemudian pengawal meminta Cinderella ikut mencoba, meskipun ibu tirinya tidak mengizinkan, namun pengawal tetep memaksa. Akhirnya Cinderella mencoba sepatu itu dan cocok, kemudian ia mengeluarkan pasangan dari sepatu itu, Betapa terkejutnya ibu dan Saudara Tiri Cinderella, mereka tidak percaya Cinderella bisa pergi ke pesta pangaeran, meskipun tidak percaya, namun itulah kenyataannya, Akhirnya Cinderella hidup bahagia bersama pangeran. Pangeran dalam kisah ini biasanya disebut Prince Charming atau ada juga yang menulis pangeran Henry.

3.  PRINCESS AURORA
Princess berikutnya adalah Putri Aurora lebih dikenal Sleeping Beauty atau putri Tidur, meskipun ia juga bagian dari putri Walt Disney namun namanya tak setenar putri putri lainnya.Film ini kali pertama diluncurkan tahun 1959, karakternya didasarkan pada kisah fiktif versi Perancis oleh Charles Peeault yang berjudul “Histories ou Contes du temps Passe”. Princess Aurora juga dikenal dengan nama Rose Briar dari versi Jerman oleh Brother Grimm.  Putri Aurora adalah putri dari Raja Stephan, sejak lahir ia sudah dijodohkan dengan Pangeran Philip, digambarkan seorang gadis yang tinggi semampai dengan rambut kuning keemasan sepinggang. Karakternya Baik, ramah, hormat, bertanggung jawab, genit, patuh, sopan, anggun, tenang, tanpa pamrih, pemalu, cerdas, menyenangkan, murah hati, romantis dan memiliki bentuk tubuh ramping, indah, berusia 16 tahun, kulit putih, bibir merah merah, mata ungu. Dalam dongeng asli ia diceritakan memiliki dua anak, Dawn dan Hari. Putri Aurora dilahirkan disebuah kerajaan, ketika ia lahir banyak peri baik yang datang memberikan berkah kecantikan kepadanya, namun datang juga peri jahat yang iri karena tidak diundang, akhirnya peri itu mengutuk si Aurora kelak ketika ia dewasa, ia akan mati karena terkena jarum. Sang Raja kemudian memerintahkan semua alat pintal dan jarum di bakar, namun itu belum cukup untuk menyelamatkan si Putri.Peri baik tidak bisa membatalkan sihir jahat, mereka hanya bisa membuat putri Aurora tertidur lama namun tidak mati. 
Peri peri itu pun juga membawa Putri Aurora kedesa dan merawat mereka menjadi gadis biasa agar jauh dari peri Jahat, nama putri Aurora pun diganti menjadi Rosa. Ketika sudah besar, Rosaber main di hutan lalu bertemu denga seorang pria lalu ia jatuh hati. Namun peri tidak mengizinkan hubungan merekadan kemudian menceritakan siapa sebenarnya Rosa. Putri Aurora tidak terima lalu ia pergi kehutan dan saat itu ia bertemu peri jahat yang membuat ia tertusuk jarum dan akhirnya mati suri. Tubuh putri Aurora dibawa ke istana dan hanya pangeran dengan cinta tuluslah yang bisa menghidupkan ia kembali, lalu pria yang ada dihutan menemui putri Aurora dan mencium bibirnya, akhirnya siputri tersadar dari tidur lamanya. Ternyata pria dihutan itu adalah pangeran Philip yang sedang berburu. Mereka pun akhirnya hidup bersama dan bahagia.




4. ARIEL
Ariel merupakan Princess Disney ke 4 dari film The Litte Mermaid (1989), ia memiliki rambut merah tebal dan panjang. Poninya menyembul ke depan. Mata besarnya berwarna biru laut kehijauan.Badannya cukup mungil dan langsing. Bibirnya merah, ia memiliki duyung berwarna hijau dan kerang berwarna ungu. Ariel merupakan putri dari Raja Triton dan Ratu Athena asal kerajaan Neptunus, usianya sekitar 16 tahun.Ia sering bermain di permukaan laut dan sering membuat ayahnya kwatir. Suatu saat Ariel melihat kapal yang hampir karam dan ia kemudian menyelamatkan seorang pangeran. Sebelum pangeran itu sadar, Ariel pergi terlibih dahulu namun pangeran sempat melihat wajah Ariel. Sejak saat itu Raja Triton melihat sikap aneh putrinya yang sering murung, akhirnya Ariel bercerita pada ayahnya kalau dia jatuh cinta dengan manusia, ayahnya terkejut namun karena kasihan melihat putrinya, si Raja memberikan 2 mutiara pada Ariel, 1 untuk merubah wujudnya menjadi manusia, yang ke-dua untuk menyembuhkan orang keracunan. 
Ariel minum mutiara pertama lalu dia diantar ayahnya ke daratan.Ia pun bertemu dengan pangeran yang bernama Erik itu. Singkat cerita mereka menikah tanpa Erik tau siapa sebenarnya Ariel.Suatu ketika Erik keracunan dan meninggal, Ariel dituduh melakukan pembunuhan padahal semua itu dilakukan oleh mantan tunangan Erik yang jahat.Ariel kemudian memberikan mutiara itu pada Erik, Erik sembuh dan Ariel kembali ke dasar laut. Sedangkan untuk versi aslinya diceritakan, selama Ariel menjadi manusia ia menyimpan pisau di rambut tebalnya, jika ada orang yg tahu jati dirinya ia harus membunuh orang itu untuk melindungi ayahnya dan bangsa mermaid. Akhir cerita ariel ternyata lebih tragis, Cinta Ariel ternyata bertepuk sebelah tangan, Erik justru memilih wanita lain, maka pisau yang ia simpan itu Ariel gunakan untuk membunuh dirinya sendiri dan terjun ke dasar laut. Diseri lanjutan, Ariel diceritakan memiliki seorang putri bernama Melody. Kisah tragis ini pula yang menjelaskan mengapa ada “legenda air mata putri duyung” (pernah denger juga cerita versi yang terakhir ini dari drama korea Secret Garden).

5. BELLE


Merupakan Princess ke lima dari Disney yang merupakan putri di seri Beauty and The Beast yang terbit pada tahun 1991.Belle didasrkan pada versi singkat dari Jeanne-Marie Le Prince de Beaumont tentang dongeng Perancis La Belle et la Bete.Belle memeiliki karakter yang berani dan mandiri.Umurnya diceritakan sekitar 18-19 tahun, Dia memiliki rambut cokelat, panjang, sering diikat dalam bentuk low ponytail. Karakter Belle adalah erani, cerdas, keras kepala, sopan, peduli, bersemangat, penuh kasihMatanya cokelat dan pipinya berwarna agak-agak seperti mawar, Belle lahir disebuah kota kecil di Perancis pada 6 Mei, ayahnya bernama Maurice adalah seorang penemu. Belle sangat gemar membaca sehingga dia dianggap aneh oleh penduduk desa.Seorang pemburu sombong bernama Gaston berusaha meminang Belle.Ketika ayahnya pergi, Belle sedang membaca, didatangi Gaston yang hendak melamar, namun ditolak oleh Belle.Suatu hari kuda ayah Belle pulang seorang diri tanpa ayahnya, Belle tahu Maurice dalam bahaya, maka dia menyusul Maurice ke hutan.Ternyata Maurice tersesat dan dan diserang serigala.Ia menyelamatkan diri dengan masuk ke istana Beast, tetapi dia membuat Beast marah. Beast mengurung Maurice.Belle kemudian menukar ayahnya dengan sirinya. Belle pun tinggal bersama Beast, karena Belle masuk keruang larangan, ia diusir oleh Beast. 
Di hutan, Belle diserang serigala.Untunglah Beast segera datang menyelamatkannya, tetapi Beast sendiri malah terluka.Belle mengurung niatnya untuk kabur dan membawa Beast kembali ke istana.Belle membalut luka Beast, berterimakasih pada Beast.Sejak itu, hubungan mereka mulai membaik. Belle kemudian kembali ke Desa, sebenarnya Beast jatuh hati pada Belle, namun mengingat wujud Beast yang “manusia jadi2an” ia tidak berani. Belle dan ayahnya berhadapan dengan Gaston yang jahat.Gaston telah membawa seorang petugas asilum untuk menangkap Maurice kalau Belle menolak menikahinya.Gaston berusaha menyerang Beast.Awalnya Beast masih terlalu sedih untuk menanggapi Gaston.Belle yang datang memohon Gaston untuk berhenti.Kedatangan Belle membuat Beast bersemangat.Beast, memenangkan peperangan, tidak jadi membunuh Gaston dan melepaskannya.Namun Gaston dengan licik menusuk Beast dari belakang.Gaston sendiri jatuh dari menara dan meninggal karena kehilangan keseimbangan.Belle mengira Beast sudah meninggal. Dia mengakui bahwa dia mencintai Beast sebelum kelopak mawar terakhir jatuh.Beast berubah menjadi manusia.Ketika dia dan Belle berciuman, seluruh istana menjadi indah kembali. Para pelayan menjadi manusia lagi. Dalam cerita disebutkan Beast bernama Pangeran Adam.

 
6. JASMINE
Ia adalah Seorang putri Disney yang berasal dari Timur Tengah dan Princess ke 6 dari Disney, kisah nya diambil dari kisah 1001 malam yang terkenal dengan lampu ajaibnya Aladin yang mana animasinya terbit pada  tahun 1992. Princess Jasmine didasarkan pada Putri Badroulbadour dari kisah “Aladin dan Lampu indah”. Jasmine adalah Princes resmi Disney dengan penampilan Arab. Jasmine merupakan putri dari seorang Sultan yang lahir pada 23 September, kecantikannya pun bisa menarik hati seorang pencuri bernama Aladin. Karakter Jasmine diantaranya Berjiwa bebas, cerdas, berani, petualang, peduli, intuitif, keluar, pintar, berani, keras kepala, keras kepala, pemberontak, baik hati, dari segi penampilan Ramping, cantik, kulit cokelat, bibir merah muda, rambut hitam panjang, mata cokelat, baik kalung emas dan anting-anting. Suatu ketika saat Jasmin melewati jalan, tak boleh ada satupun rakyat yang menengok wajahanya, namun karena penasaran, Aladin nekat melihatnya dan ia langsung jatuh cinta, tidak hanya itu, karena melanggar aturan, Aladin pun dijatuhi hukuman. Namun ketika hendak dihukum, jasmine menghentikannya. Setelah itu Aladin diajak merampok oleh seorang pria yang mengaku paman jauhnya, mereka pergi ke gua ditengah padang pasir dan menemukan banyak harta, namun Aladin hanya tertarik dengan sebuah lampu, namun ia lalu dipukul si paman palsu dan pingsan. 
Ketika ada perampok lain masuk ke gua, Aladin sadar kemudian ia pulang sambil membawa lampu itu. Sesampai di rumahnya, ia mencoba membersihkan lampu tersebut dengan mengosokkan bajunya dan ajaib lampu tersebut mengeluarkan asap tebal. Muncullah seorang jin tua berbadan warna biru. "Terima kasih tuan, kau sudah membebaskan ku selama 1000 tahun. Aku memberikanmu imbalan 3 permintaan.“ Permintaan pertama Aladin adalah hendak meminang Jasmine, taraaaa Aladin pun berubah menjadi orang kaya raya dan lamarannya pun diterima, Aladin menikah dengan Jasmine, namun Jasmine tidak suka karena orang yang ia cintai adalah pria miskin yang pernah ia selamatkan dari hukuman dahulu. Aladin meminta Jin agar Jasmine mencintainya, namun Jin tidak bisa mengabulkan, justru Jin member permadani terbang pada Aladin dan mengajak jasmine keliling dunia, saat itu penampilan Aladin berubah seperti ketika ia miskin, Jasmine terkejut namun akhirnya mengerti setelah Aladin menceritakan semuanya. Diversi lain disebutkan lampu ajaib itu dijual jasmine ke paman palsu Aladin, lalu Aladin menjadi miskin kembali dan ia pun harus melawan Jin yang dahulu jadi temannya kini menjadi musuhnya.

7. POCAHONTAS
Merupakan putri Disney yang diilhami dari kisah nyata, bukan berdasarkan legenda/dongeng. Pocahontas merupakan putri Indian yang tinggal disebuah kota bernama Jamestown. Ia memiliki rambut hitam panjang, mata coklat dan kulit juga coklat hitam. Ia merupakan anggota dari suku Indian Powhatan yang membuat rumah mereka di Virginia, Ayahnya merupakan Kepala suku Powhatan, Pocahontas berumur enam belas tahun lahir pada 10 Desember. Ibunya telah meninggal dan ia memiliki watak yang keras, kuat dan penuh semangat. Ia adalah satu satunya anggota sukunya yang tidak takut melihat orang kulit putih, bahkann pada seri ke 2, Ia merupakan duta yang dikiirm ke inggris mewakili negaranya. Nama Pocahontas sendiri berarti "LittleMischief". 
Untuk pertama kalinya pada Mei 1607, Pocahontas bertemu dengan John Smith.Saat itu Pocahontas berhasil menyelamatkan John Smith dari siksaan suku Indian lainnya.Timbul rasa ketertarikan Pocahontas kepada John Smith sampai akhirnya John diangkat sebagai anak oleh Powhatan.Keadaan ini membuat mereka semakin dekat namun mereka tahu bahwa mereka tidak bisa bersama. Ketika dikabarkan bahwa John Smith telah meninggal, akhirnya Pocahontas memutuskan untuk menjadi seorang kristiani dan berganti nama menjadi Rebecca. Kemudian ia menikah dengan John Rolfe. Tidak disangka saat ia berkunjung ke London, dia bertemu kembali dengan John Smith.Pada tahun 1616, John, Rebecca dan putra mereka mengadakan perjalanan ke Inggris dan masyarakat Inggris menyambut mereka dengan sangat meriah.Ketika mereka bersiap untuk kembali ke Virginia pada tahun 1617, Pocahontas jatuh sakit dan meninggal.Dia kemudian dimakamkan di Inggris.

8. FA MULAN
Merupakan tokoh Walt Disney yang diceritakan dari China.Fa Mulan merupakan salah satu dari sedikit karakter wanita Disney yang bukan seorang putri atau seorang wanita yang sangat cantik melainkan karakter wanita yang kuat dan tegas, Independent, kikuk, outdoorsy, berani, berani, blak-blakan, cerdas, berwawasan, cerdas, petualang, tomboy, kreatif, mandiri, ulet, unik, bersemangat, cerdik. Paras Fa Mulan Ramping, indah, berusia 16 tahun, kulit putih, wajah bulat, pipi kemerahan, bibir merah muda, rambut panjang hitam lurus (kemudian dipotong pendek) dengan untai di tengah dahinya, alis hitam tebal, mata cokelat gelap.  Karakternya didasarkan pada karakter HUA MULAN yang ada dalam puisi klasik Cina, Balada Mulan. Tokoh berwajah oriental ini menjadi putri Disney pertama yang berasal dari Asia Timur yang lahir pada 27 July. Mulan juga menjadi tokoh putri Disney pertama yang tak punya gelar bangsawan. Kisah Mulan melambangkan emansipasi wanita. Cerita diawali dengan diserangnya sebuah dinasti di RRC  oleh bangsa Hun, membuat sang kaisar harus menetapkan wajib militer. Tiap keluarga harus mengirim seorang pria, termasuk keluarga Fa.Satu-satunya anggota keluarga Fa yang pria adalah ayah dari Mulan yang, walaupun veteran perang, sudah berusia lanjut.Mulan yang tidak ingin ayahnya pergi berperang menyamar menjadi pria dan pergi menggantikan ayahnya.Melihat hal itu, para leluhur keluarga Fa mengirim Mushu, seekor naga kecil untuk membantu Mulan.Mulan dan teman-temannya kemudian dikirim berperang di bawah komando Shang dan, setelah melewati berbagai masalah, berhasil menghambat musuh.Sayangnya, identitas asli Mulan terbongkar.Pasukan musuh yang bangkit kembali akhirnya menyerang istana serta hampir membunuh kaisar namun Mulan bersama teman-teman sepasukannya berhasil menyelamatkan kaisar serta seluruh dinasti itu.Pria yang menjadi pendamping Fa Mulan adalah Capten Li Shang.

9. TIANA
Tiana merupakan seorang putri Disney ke sembilan dari Seri The Princess and the Frog yang dirilis pada tahun 2009. Ia merupakan putri blasteran Afrika-Amerika pertama dan putri Amerika kedua setelah Pocahontas. Karakter Tiana diantaranya Cerdas, berani, ditentukan, termotivasi, berpengalaman, rendah hati, hormat, pekerja keras, berbakti, lucu. Tiana adalah seorang pekerja keras, pelayan restoran yang bermimpi mempunyai restoran sendiri. Perwakan Tiana dikisahkan Ramping, indah, berusia 19 tahun, kulit gelap, rambut hitam menengah-panjang, mata cokelat muda, lesung. Ia lahir pada 25 Desember. Film ini berlatar belakang di New Orleans, Amerika Serikat tahun 1912. Tiana menjadi seorang putri setelah ia menikah dengan Pangeran Neevan. Tiana kecil berteman baik dengan Charlotte, ibu Tiana, Eudora, sering bercerita dongeng, terutama tentang pangeran kodok, Charlotte sangat ingin mencium seekor kodok berharap menjadi pangeran, namun Tiana tidak pernah ingin melakukannya karena jijik. Tiana gemar memask seperti ayahnya, James.Seteah ayahnya meninggal Tiana sangat ingin mewujudkan impian ayahnya untuk memiliki Restauran.Ia pun bekerja keras dan menabung. Suatu saat seorang pangeran dari Maldoria datang ke New Orleans, pangeran yang somobong, boros dan malas malasan itu kemudian tidak lagi mendapatkan uang tunjangan dari orang tuanya. Lawrance, pelayannya mengingtakan kalau Neveen sudah tidak punya uang lagi kecuali ia bekerja atau menikahi gadis kaya seperti Charlotte. Suatu saat Neveen mendapat sihir voodoo, ia berubah menjadi kodok dan penyihir itu mengubah Lawrance menjadi seperti Neevan selama dia memakai darah berisi darah Neevan. Lawrance diajak kerjasama dengan si penyihir supaya mereka kaya. Singkat cerita ketika pesta Mardi Gras, Tiana bertemu kodok Neevan lalu Neevan meminta dicium, awalnya Tiana ogah tapi akhirnya ia mencium kodok itu juga, sayangnya Neevan tidak berubah menjadi manusia, namun justru Tiana berubah menjadi kodok, hal itu karena Tiana bukan seorang putri. Karena dikejar anjing, mereka akhirnya kabur dan masuk kesebuah rawa, disanalah mereka sementara tinggal.Tiana dan Neeven sering bertengkar karena perbedaan karakter diantara keduanya.Suatu ketika Tiana tertangkap pemburu katak dan Neevan pun menyelamtkannya, sejak saat itu mereka menjadi lebih dekat. Suatu saat Neeven ditarik lagi oleh penyihir namun ia diselamatkan oleh obor mama Odie, menurut mama Odie, Neeven harus di cium oleh seorang putri, dan menyarankan ia meminta Charlotte karena sebelum jam 12 malam, Charlotte masih menjadi seorang putri Mardi Grass. 
Mereka lalu menuju ke tempat Mardi gras sebelum acara itu selesai, namun Neevan sebenarnya telah jatuh cinta pada Tiana. Neevan ingin melamar Tiana, namun gagal karena Tiana sedang dirundung masalah, ia belum berhasil membeli bangunan untuk restorannya, Neevan meninggalkan Tiana untuk menikah dengan Charlotte berharap ia mendapatkan banyak uang. Namun Neeven justru diculik penyihir lagi. Ketika turun dari kapal, Tiana melihat Neeven menikah dengan Charlotte, ia patah hati, namun Ray membantu Tiana. Ray yakin karena Tiana masih menjadi kodok, yang menikah itu pasti Neeven palsu, singkat cerita Ray mengejar penyihir itu dan Tiana menghancurkan jimat penyihir itu. Neeven membuat kesepakatan pada Charlotte untuk menciumnya dan ia akan menikah dengan Charlotte namun bangunan itu harus diserahkan pada Tiana. Charlotte terharu lalu ia mau mencium Neeven tanpoa syarat, sayangnya sudah lebih dari jam 12, mereka tidak berubah wujud. Akhirnya Tiana dan Neevan menikah dalam wujud kodok ditengah hutan, ketika Tiana mencium Neeven, mereka lalu berubah menjadi Manusia.Setelah menikah dengan Neeven, Tiana resmi menjadi seorang putri, maka ciumannya pun manjur.Tiana pun membeli bangunan dan merenovasi menjadi restoran.

10. RAPUNZEL
Rapunzel merupakan princess Disney dari film Tangled. Cerita ini diadaptasi dari dongeng Jerman. Rapuzel dikisahkan berumur sekitar 18 tahun, memiliki paras cantik dan berambut pirang yang sangat panjang sekali. Diceritakan ada sebuah keluarga (versi lain menyebutkan kerajaan), sudah lama sekali tidak memiliki keturunan, suatu saat istrinya mengandung dan ia melihat bunga Rapunzel di rumah penyihir jahat. Ia meminta sang suami mengambilkan bunga itu, sekali-dua kali sang suami tidak ketahuan mencuri, namun hari ketiga ia kepergok oleh sipenyihir, penyihir itu meminta kesepakatan ia akan membebaskan asalkan kelak ketika anaknya lahir, ia akan mengambilnya, karena ketakutan si suami akhirnya sethuju. Setelah putri itu lahir, penyihir datang menculiknya, dan si ayah tak bisa berbuat apa-apa. Putri kecil itu diberi nama Rapunzel, ia tumbuh menjadi gadis yang cantik, dan selama 18 tahun ia tinggal di puri tua yang sangat tinggi hanya ditemani seekor bunglon. Jika penyihir datang menjenguk, si penyihir meminta Rapunzel untuk menurunkan rambut panjangnya lalu ia gunakan untuk naik. Suatu saat ada seorang pria yang mendengar suara merdu Rapunzel, setelah tahu bagaimana cara untuk naik, pria itu akhirnya naik dengan cara yang dilakukan si penyihir. Rapunel kaget pertama kali melihat orang asing, namun lama kelamaan mereka menjadi akhrab dan berusaha untuk keluar dari tempat itu lalu menikah. Namun penyihir curiga ketika mengetahui pakaian Rapunzel sesak bagian petut, ternyata Rapunzel hamil, rambut Rapunzel kemudian di potong pendek dan di jauhkan dari tempat itu, ketika si pria datangm ternyata yang ada diatas adalah penyihir, si pria lalu dijatuhkan dari puri atas, sehingga matanya buta. 
Suatu saat Rapunzel telah melahirkananak kembar, laki laki dan perempuan, ketika ia dihutan, ia melihat pria itu tadi jalan sempoyongan, Rapunzel terharu dan sedih, air mata Rapunzel kemudian menyembuhkan buta si pria lalu mereka hidup bahagia bersama. Sedangkan menurut versi Tangled animasi baru, seorang pencuri menyusup ke puri Rapunel, lalu ia memukul pria pencuri yang bernama Flyn itu dengan panic, ternyata pria itu mencuri mahkota ratu (ibu Rapunzel), Rapunzel punya ide untuk menyamar ke istana memakai mahkota itu hanya untuk melihat pesta lampion sebagai perayaan ulang tahun princess yang hilang. Rapunzel setelah itu sering keluar dengan Flyn  sampai suatu saat penyihir tahu kalau Rapunzel kabur. Tapi Rapunzel sadar kalau sebenarnya dia adalah putri yang hilang, kemudian ia melawan si penyihir. Rapunzel memotong rambutnya, dan seketika rambut pirang keemasan berubah menjadi coklat dan wajah si penyihir menjadi tua lalu terbakar dan menadi abu. Rapunzel kemudian mencari Flyn yang awalnya ia kira menipunya, namun ternyata Flyn tengah terluka akibat dihajar oleh perampok lain. Rapunzel sedih lalu ia menangis, ternyata air matanya bisa menyembuhkan Flyn, mereka lalu ke istana dan membuktikan kalau Rapunzel adalah princess yang hilang. Pasangan Rapunzel bukan dari golongan pangeran, ia rakyat biasa malah justru pencuri yang bernama Flynn Rider

11. MEGARA
Nama princes ini mungkin kurang familiar diantara princes yang lain, yach mungkin karena ia bukan menjadi tokoh sentral dari seri film Disney ini, tapi pasti semua sudah mendengar tentang kisah si Hercules, yach Princess Megara atau lebih dikenal dengan nama Meg adalah kekasih serta istri dari Hercules. Ia seorang wanita independen, cerdas, agak sarkastik, berani, blak-blakan dan tegas, ia cenderung merendahkan pria karena pernah sering berpengalaman negative dengan pria. 
Penampilannya cukup cantik, Langsing, rambut panjang berekor kuda dan berwarna pirang gelap, mata ungu, gaun lavender. Menurut cerita ia lahir pada 28 September, Meg mempunyai bintanga pilharaan bernama Pegasus, Hercules jatuh cinta dengan Meg pada pandangan pertama.  Meg adalah salah satu dari beberapa pahlawan Disney yang tidak mengganti pakaiannya selama filmnya. Meg adalah satu-satunya pahlawan Disney telah menjual jiwanya, maka ia pula satu satu nya Princess Disney yang memiliki sisi buruk yaitu antara mengikuti Hercules atau Hades. Megara sebenarnya adalah putri raja Thebes, dan memiliki seorang putri dengan Hercules yang di panggil Hebe. 


12. GISSELLE



Adalah seorang wanita muda dari kerajaan Andalusia dan protagonis utama Disney film 2007 hybrid Enchanted. Diceritakan lahir pada 9 September, memiliki cirri khas Ramping, mata biru-hijau, rambut merah terang, mengenakan gaun pengantin putih. Awalnya ia hidup di negeri kartun Andalusia, ia tidak pernah merasakan emosi seperti frustrasi dan kemarahan yang umum di Bumi. Ia ingin memiliki pangeran menawan yang dia akan jatuh cinta dengan dan hidup bahagia selamanya. Ketika ia datang ke New York City, pengalamannya di Andalasia membuatnya buta dan naif untuk kompleksitas Bumi dan ia menjadi agak tertekan dan bingung selama malam pertamanya di New York. Cerita berawal ketika Pangeran Edward dan Putri Giselle saling jatuh cinta dan hendak melangsungkan pernikahan. Namun kisah indah nan romantis sang putri dengan pangeran mendadak berubah, tatkala sang ibu tiri, Queen Narissa merapal mantra sihir yang mengirim Putri Giselle ke sebuah dunia nyata, New York, Amerika Serikat, yang modern. Putri Giselle terdampar di negeri asing lengkap dengan gaun putih mengembang ala putri raja. Giselle dalam kebingungan di sebuah kota yang tidak ia kenali, hingga akhirnya seorang pengacara perceraian Robert dan putrinya Morgan menemukannya dan membawanya ke apartemen mereka. Esok harinya, Robert dan Morgan dibuat bingung oleh tingkah polah Giselle yang aneh. 
Robert adalah orang yang mengalami kepahitan hidup sehingga sangat realistis dan tidak percaya pada dongeng. Ia bahkan tidak pernah menceritakan kisah-kisah dongeng menjelang tidur pada anaknya. Hubungan Robert dan Giselle saling melengkapi. Giselle membantu Robert untuk memandang hidup lebih optimis dan berlaku lebih romantis pada tunangannya, Nancy  Sementara Robert mengenalkan Giselle pada dunia percintaan yang modern. Sementara itu, Pangeran Edward dan seekor chipmunk bernama Pip yang masih berada di dunia dongeng pun menyusul Giselle untuk menjemputnya dari kehidupan nyata. Sayangnya, saat bertemu dengan Edward, Giselle tidak lagi punya chemistry pada pangeran pujaan hatinya. Giselle telah jatuh cinta pada Robert. Mengetahui Edward menyusul Giselle, Ratu Narissa pun tak tinggal diam. Ia menyusul dengan dikawal oleh sekumpulan pasukan naga. Tak ayal, dunia animasi dan dunia nyata pun bertemu. Pada titik ini Gisselle harus memilih antara Edward dan Robert. Ratu jahat member racun pada Gisselle dan membuat ia meninggal, Pangeran Edward mencium bibir Gisselle beruang ulang kali namun tidak ada hasil, akhirnya Patrik melakukan hal serupa dan Gisselle pun terbangun dari kematian, Di ending kisah cinta ini, akhirnya sang puteri tetap tinggal di New York dan menikah dengan Robert, hidup berbahagia bersama Morgan dengan membuka Andalasia Fashion, yaitu sebuah butik pakaian. Pangeran Robert akhirnya menikah dengan Nancy, calon tunangan Robert, dan hidup di negeri dongeng, Andalasia. Sedangkan sang Ratu jahat tewas.



13. MERIDA
Merida merupakan seorang princess dari film Brave (2012) yang berlatar belakang kerajaan Skotlandia, ia memiliki rambut ikal tebal berwarna merah, Merida merupakan putri dari Ratu Elinor dan Raja Fergus yang diseritakan berumur 16 tahun. Dia adalah Princess kedua yang dibesarkan oleh kedua orang tua kandungnya seumur hidupnya saat ini (Fa Mulan menjadi yang pertama), satu-satunya putri yang bukan karakter Kartu Spell di Penyihir dari Magic Kingdom, merupakan Princess pertama yang tidak didasarkan pada fiksi atau peristiwa kehidupan nyata. Sejak kecil Merida sudah dibekali dengan keahlian memanah, ia bahkan lebih nampak tomboy dari pada sebagai seorang putri yang angun. Dia juga terampil dalam pertarungan pedang dan cukup mahir menunggangi kuda kesangannya, Angus. Merida berwatak keras kepala, ceroboh, pembangkang, dan kurang akrab dengan ibu serta adik adiknya.  Awalnya Merida kabur karena ia tidak mau dijodokan oleh orang tuanya, ketika ditengah hutan, ia bertemu seorang penyihir yang kemudian memberikan ia ramuan sebuah kue yang jika diberikan pada ibunya, ibunya akan berubah pikiran. Akhirnya Merida pulang dan memberikan kue itu pada ibunya, sialnya tidak seperti harapan Merida, setelah makan kue itu, Ratu Elinor justru berubah menjadi Beruang yang sangat besar, naasnya lagi, sang Ayah dan pasukannya adalah pemburu Beruang. Merida berusaha membawa keluar ibunya yang jadi buas ke Hutan untuk menacari si penyihir tadi, sayangnya penyihir itu sudah pergi dari rumahnya, bahkan rumah itu sudah menghilang. Selain ibunya, 3 saudara kembar Merida pun juga ikut menjadi beruang kecil, mereka bekerjasama mengembalikan wujud ibu mereka. Singkat cerita, untuk melepaskan shir itu, Merida harus bisa memecahkan teka teki yang ada. Saat fajar muncul, Merida menyelimuti Elinor dengan permadani yang telah dijahitnya, namun tidak terjadi apa-apa. Setelah mengungkapkan rasa cintanya kepada ibunya, yang merupakan makna sebenarnya dari teka-teki penyihir, ibunya berubah kembali menjadi manusia, bersamaan dengan adik kembar tiganya, dan keluarga itu akhirnya bersatu kembali.


Itulah sederettttttttttt Princesss yang hamppir semua berasal dari keluarga Walt Disney. Kemarin sempet cari cari list Princess yang bukan dari Disney, tapy kok belum ketemu yach. Film animasi selain dari Disney yang terkenal biasanya dari Pixar sama DreamWorks, namun rumah produksi itu sepertinya tidak menciptakan animasi dari cerita dongeng layaknya Disney, beberapa Princess yang bukan keluarga Disney diantaranya ;
1. PRINCESS FIONA (DreamWorks)
Merupakan pasangan dari Ogre hijau bernama Sherk. Karena sebuah perjanjian antara Sherk dengan Farquaad, maka Sherk pun berusaha menyelamatkan Fiona yang disekap di istana Farquaad. Akhrnya Sherk mampu menyelamatkan Fiona. Fiona terkejut karena yang menyelamatkan adalah seekor Ogre. Malam berikutnya, Fiona tidur di sebuah kincir angin di dekatnya. Ketika Donkey mendengar suara-suara aneh yang datang dari kincir angin, ia menemukan Fiona telah berubah menjadi ogre.
Fiona menjelaskan ia dikutuk menjadi ogre ketika matahari terbenam dan menjadi manusia kembali jika matahari terbit, dan itulah sebabnya dia dikurung di istana, dan hanya ciuman dari cinta sejatinya akan membuat Fiona menjadi lepas dari kutukannya. Singkat cerita setelah menyelesaikan urusan dengan Farquaad.  Shrek dan Fiona mengakui cinta mereka satu sama lain dan berbagi ciuman, Fiona yang mengeluarkan cahaya yang sangat terang dan ktukannya hilang, tetapi terkejut karena dia masih tetap ogre. Shrek menenangkan dirinya dengan meyakinkan bahwa dia masih cantik. Mereka berdua menikah di rawa dan akhirnya mereka pergi berbulan madu.

2. PRINCESS ANASTASIA (Twenty Century Fox)
Anastasia merupakan putri dari Rusia yang karena ulah sihir Rasputin, ia hilang. Suatu saat keluarga Anastasia dibantai, namun dia dan neneknya diselamatkan oleh seorang pria kecil, namun sayangnya saat melarikan diri kotak music anatasia jatuh, dan ia hanya punya kuncinya yang menjadi satu dengan kalung berliontin "Together in Paris". Anastasia harus berpisah dengan neneknya karena tertinggal saat naik kereta api. Beberapa tahun kemudian, Dimitri (pria kecil yang menyelamatkan Anastasia dan Neneknya) mengadakan audisi untuk mencari orang yang mirip Anastasia dan akan diajak ke Paris (tujuannya untuk mendapatkan uang).
Dimitri bertemu dengan Anya (yang sebenarnya Anastasia asli namun hilang ingatan), mereka kemudian ke Paris karena Anya memang ingin ke Paris. Ternyata si Nenek sudah bosa mencari Anastasia karena terlalu banyak orang yang mengaku aku. Dimitri lalu meyakinkan Nenek itu kalau Anya adalah Anastasia asli (Dimitri yakin karena ia melihat kalung dari Anya).Setelah memeriksa kebenarnnya, si Nenek akhirnya percaya. Dimitri pun pergi tanpa mengambil uangnya. Namun si nenek tahu sudah terjalin chemistry antara Anastasia dan Dimitri, si nenek pun membiarkan Anastasia memilih, dan ia pun mencari Dimitri namun Rasputin datang hampir menyelakai Anastasia. Dimitri datang menyelamatkan, dan mereka pun bersama dan kembali bahagia. (menurut sejarah, kisah Anastasia ini benar benar terjadi, keluarganya dibantai, dan diduga Anatasia serta 1 saudaranya selamat).


***

Terimakasih



*Forza Inter Milan 1908….*




3 comments: