Thursday, September 8, 2016

Taman Jurug Solo (Dayu on Vacation Season 4)



Ning Kuto Solo, Muda Lan Mudi, Ing Taman Jurug Ing Pinggir Bengawan SoloMuda Lan Mudi, Awan Lan Mbengi, Do Suko-Suko Nanging Ojo Ngiket JanjiCahyaning Bulan Nrajang Pucuking CemoroAngin Kang Teko Sasat Nggowo Gending TresnoBanyu Bengawan Sinorot Cahyaning BulanLir Sewu Dian Alerap Nggugah Kenangan.
Sedikit lirik lagu campur sari yang mengisahkan tentang keindahan Taman Jurug, namun sayangnya keindahan itu sedikit terganggu dengan keadaan Taman Jurug yang seperti kurang perawatan. Yeah, langsung masuk ke arena saja, setelah membeli tiket yang aku sendiri ngga tau berapa duit karena Ayah Bear yang beli, kami lalu masuk ke lokasi.
Awal perjumpaan kami di suguhi sebuah patung gajah bertuliskan "Welcome Jurug", sepertinya Dayu mulai bertanya-tanya, hewan apan ini Mah?? kok hidungnya mancung banget???... Setelah berfoto, kami mengikuti alur jalan, dan sampailah di area kandang gajah, sayangnya si gajah masih bersembunyi di tempat istirahatnya, ada 3 gajah yang terlihat dari kejauhan, mereka tengah menikmati sarapan pagi. Selesai maksa foto-foto walau gajahnya ngga kelihatan, kami ambil jalan belok ke kanan, disebelah gajah ada area khusus buat burung, berbagai jenis burung ada disana, termasuk Elang, Elang Jawa, burung hantu,dll.
Sudah habis berexpresi bareng burung, kami mnegukuti jalan dan terlihat ada Danau mungil dengan "perahu bebek" sebagai sarana hiburan pengunjung. Sebenarnya pingin sich naik perahu bebeknya, cuman kok warna air danaunya agak gimana gitu, jadi urung dech.   
Dari arah kolam, untuk ke lokasi utama tempat koleksi binatang, kita harus menyusuri jalan sepanjang kurang lebih 500 an meter. Sepanjang jalan kita bisa melihat toko kecil yang menjajakan aneka jajajan, pakaian, atau mainan. Kalau capek berjalan kaki, bisa juga naik kereta kuda mini, cuman karena kami memilih jalan kaki, kami ngga tau tarif kereta kudanya berapa duit.Lokasi pertama yang bisa kita temui di kiri jalan adalah kandang Badak, cuman badaknya ngga tau lagi ngumpet atau masih bau iler, soalnya yang keliatan cuman pan*at nya doank..mukanya disembunyikan, mana bau kandangnya juga ngga enak banget…hmmm,, ngacirr dech ke tempat lain.
So, setelah melewati jembatan kecil, masuklah kita ke area yang sudah penuh dengan suara binatang. Raungan harimau cukup membuat aku penasaran, alhasil kami pun mengunjungi tempat suara itu berasal. Ternyata kandangnya masih dibersihkan dan si harimau masih berada di dalam ruang kecil didalam kandang. Beberapa pengunjung dengan sabar menanti harimau di keluarkan dari ruang isolasinya, dan tak perlu berlama-lama, harimau itu pun dikeluarkan. Ada dua harimau di dua ruang yang berbeda, seeprtinya sich yang satu jantan, soalnya gede banget, yang stu cewek. Eh,,, serunya tuch pas petugas pembersih nongol di depan teralis kandang, harimau yang betina seperti mengenali dan langsung saja berlari mendekat, untuk aja masih ada teralis pengamana, tapi adegan itu cukup bikin para pengunjung berteriak seru. Keseruan muncul ketika harimau jantan seperti kebingungan atau entah kenapa karena muter muter didalam ruangan sambil ngaung ngaung, eh giliran mengaung keras..Dayu kaget sampai nangis, untung ngga nangis lama. Setelah bosan dengan si harimau, kami menyusuri jalan dan melihat koleksi binatang lain, seperti buaya, kalkun, ular, landak, ada juga onta, kuda, sapi, monyet, burung pelikan, burung merak.
Setelah merasa cukup mengitari seluruh area dan cukup lelah, kami pun memutuskan untuk beranjank meninggalkan lokasi. Kesan yang bisa aku sampaikan setelah sekian tahun tidak berkunjung ke Jurug adalah, perawatan dan perhatian terhadap kebersihan serta kenyamanan pengunjung masih sangat kurang, selain itu koleksi binatang masih kurang lengkap, aku sich berharap ketemu sama jebra, jerapah, singa, tapi sayangnya ngga ada. Tempat untuk tinggal binatangnya pun juga masih kurang sempurna.
Next time dech berharap bisa berkunjung ke taman Safari yang ada di jawa timur itu, tetep sama neng Dayu juga, tapi kira kira kapan yach bisa melancong sejauh itu?????...semoga dech ada rejeki dan time yang okey… See next time !!

No comments:

Post a Comment